Main Menu

Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Our school

  SMP PEMBANGUNAN JAYA
  Sidoarjo

         Tak henti-hentinya rasa syukur kami panjatkan kepada Allah Swt. atas rahmat yang telah diberikan-Nya sehingga saya dapat berdiri sampai sejauh ini. Telah banyak cerita yang saya lalui hingga saat ini. Melampaui begitu banyak tantangan namun tak sedikit pula kegagalan yang saya dapatkan. “Never quit. It seems impossible, but it is not until it is done.”. Ya, segala pencapaian yang anda raih akan terasa tidak mungkin. Tidak sampai anda melaluinya. Kali ini saya ingin berbagi sedikit cerita mengenai pencapaian dan momen penting yang saya raih.

    Pencapaian pertama saya raih pada jenjang TK sebagai Juara III dalam lomba menyanyi. Sejak saat itu saya merasa begitu optimis untuk memenangkan berbagai lomba. Beberapa tahun kemudian saya lalui dengan berbagai pencapaian lainnya, seperti Juara II Speech Contest  dan juara I Debate Contest  di sekolah saya. Di SMP Pembangunan Jaya 2, saya terpilih untuk menjadi Duta Sains (2018). Banyak momen saya lalui ketika menjadi Duta Sains. Saya ditugaskan untuk menjelaskan materi Sains dengan alat peraga di berbagai sekolah negeri di Sidoarjo. Saya begitu kagum melihat murid-murid disana yang begitu antusias melihat kedatangan saya dan tim Duta Sains. Rasa semangat untuk menggali ilmu ditunjukkan pada raut wajah mereka. Melihat tingkah laku mereka, saya jadi merasa bersemangat untuk menjadi yang lebih baik. Selain Duta Sains, saya juga mengikuti seleksi dan terpilih menjadi Tim Paskibra dalam Upacara HUT RI yang ke-74.

    Selain kegiatan didalam sekolah, saya juga mengikuti lomba-lomba dan olimpiade diluar sekolah. Berkali-kali membawa nama sekolah saya dalam  Olimpiade Mipa Nasional dalam bidang Bahasa Inggris, sayangnya saya hanya dapat bertahan hingga final Tk. Prop. Jawa Timur. Hal itu tidak mematahkan semangat saya dengan mengikuti lomba Spelling Bee Regional (2019) sebagai contohnya. Alhamdulillah, saya meraih Juara II dan diundang untuk mengikuti Spelling Bee ke tahap selanjutnya di Jakarta. Rasa cemas dan gugup tak kunjung hilang dalam benak saya setibanya disana. Tak sedikit saya jumpai partisipan lain yang sungguh mahir dalam bahasa inggris dari berbagai provinsi. Namun nampaknya saya masih harus belajar lebih giat lagi, saya belum lolos dan gugur dalam babak ini. Saat keluar dari ruang ujian, kedua orangtua saya menyambut dengan hangat, berkata bahwa saya sudah melakukan yang terbaik dan membuat mereka bangga. Kata-kata tersebut sangat menyentuh hati saya. Ingin sekali kutunjukkan kepada mereka bahwa saya dapat berbuat lebih dari ini.

    Selain bahasa inggris, saya juga mengikuti International Chinese Test seperti YCT di jenjang SD serta HSK di jenjang SMP dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Tak hanya dalam bidang akademik saja, saya juga tengah belajar untuk bermain biola dan sempat beberapa kali tampil dalam acara konser, seperti dalam pagelaran The Wonder of Music di gedung kesenian Cak Durasim Surabaya. Kegiatan seperti ini tentu tidak dapat saya ikuti tanpa adanya dukungan dari orangtua dan guru biola yang mengajar dalam kegiatan Club Biola di sekolah saya. Dan dalam “Jayachestra” yang merupakan event konser musik yang diadakan oleh sekolah , kami berusaha untuk berlatih dengan serius agar penampilan musik kami dapat memuaskan khususnya bagi saya pribadi dan bagi semua orang yang telah menonton pertunjukkan kami.

    Dari pelajaran diatas, banyak kejutan yang tak terduga dan rencana-rencana yang disediakan oleh Allah Swt. untuk kita. Berusaha lebih keras untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Diawali dengan niat dalam hati, semua yang tidak mungkin akan dapat terlaksana. Semoga apa yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat dan memotivasi kita semua. ( Mauren Princess W. )

Back to top